JOGJA AGRO POP 2015

LAF MERCH ON MARCH

06 MARCH TILL 27 MARCH 2015


Jogja Agro Pop digunakan untuk menamai sekelompok seniman dengan proses kreatif yang hampir sama. Mereka mempunyai keterhubungan yang kuat dengan vibrasi gerakan urban di kota Jogja (Yogyakarta, Indonesia). Kota ini tidak dapat sepenuhnya disebut sebagai kota besar, walau mempunyai luas yang memadai. Bentuk lanskap kota ini lebih menyerupai kampung besar dengan banyak jalan kecil dan hubungan sosial yang akrab di jalan-jalannya. Sebagian besar bagian pinggir kota masih banyak ditemukan sawah yang berhimpitan dengan perumahan warga. Sebagian seniman Yogyakarta tinggal di perkampungan seperti itu. Malam hari mereka hadir dalam pesta-pesta ‘youth culture’ dalam suasana perkotaan yang urban dan kosmopolit, sedang di pagi dan siang hari mereka bertegur sapa dengan petani dan menikmati sejuknya alam pedesaan.

Sekelompok seniman tersebut menceburkan diri dalam ketegangan antara yang agraris dan yang urban. Mereka menyadari berada dalam posisi yang ambigu, tetapi justru menikmatinya dan menggunakannya sebagai identitas untuk kerja kreatif mereka.

-Rain Rosidi

***

LAF_MERCH ON MARCH

LAF_merch adalah upaya untuk menghidupkan “toko pojok” itu. Arenanya selama berhari-hari akan dibikin seluas ruang pameran, sehingga tidak cuma jadi “toko pojok”. Isinya barang – barang yang pernah dibikin seniman, lama atau baru, atau benda-benda lain yang secara langsung atau tidak ada sangkut-pautnya dengan kesenimanan, gaya hidup seniman, atau attitude seniman, semua diboyong dari studio atau gudang seniman. Barang-barang itu, karena dibikin oleh seniman tentunya artistik; kalau sudah lama di dalam studio seniman akan berbau seni; dan kalau dijejerkan dengan barang-barang lain keluaran pabrik atau toko, orang akan bilang cepat bilang sebagai vintage atau malah “antik”. 
Selamat datang dan belanja di LAF_merch !
***








MOANSNAKE28 MERCH

Comments